Jumat, 30 September 2011

pengenalan sQl

PENGENALAN SQL
SQL (Structured Query Language) (baca : sequel) adalah salah satu bahasa generasi level ke-4 (4th GL) yang awalnya dikembangkan oleh IBM di San Jose Research Laboratory . Berbeda dengan bahasa pemrograman level ke-3 (3rd GL), SQL adalah bahasa yang bersifat request oriented dan bersifat non-prosedural sehingga lebih mudah untuk dipelajari karena sintaks yang digunakan hampir menyerupai bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi. Sehingga SQL lebih fleksibel dalam penggunaannya. Selain itu SQL juga bersifat non case sensitif. Banyak vendor-vendor pembuat DBMS (Database Management System) saat ini menggunakan SQL sebagai standarisasi dalam produk mereka seperti ORACLE, Microsoft SQL Server, PostGreSQL, MySQL.
SQL sendiri terbagi atas beberapa bagian, yaitu :
®     DDL (Data Definition Language), yaitu bahasa yang mempunyai kemampuan untuk mendefinisikan data yang berhubungan dengan pembuatan dan penghapusan objek seperti tabel, indeks, bahkan basis datanya sendiri. Misalnya CREATE, DROP, ALTER.
®     DML (Data Manipulation Language), yaitu bahasa yang berhubungan dengan proses manipulasi data pada tabel, record. Misalnya : INSERT, UPDATE, SELECT, DELETE.
®     DCL (Data Control Language), yaitu bahasa yang berhubungan dengan pengendalian akses ke database. Misalnya : GRANT, REVOKE.
®     DTL (Data Transaction Language), yaitu bahasa yang berhubungan dengan pengaturan transaksi yang terjadi di dalam database. Misalnya : COMMIT, ROLLBACK, ROLLFORWARD.

Praktikum Pemrograman Basis Data menggunakan Microsoft SQL Server sebagai DBMS-nya selama proses praktikum berlangsung. Hal ini dikarenakan DBMS ini mudah digunakan dan user lebih familiar dengan produk-produk yang diproduksi oleh Microsoft.
Beberapa fitur yang disediakan oleh SQL Server adalah :

  1. SQL Server Service Manager
Fasilitas ini mempunyai kemampuan untuk melakukan cara pengaturan seluruh objek dari SQL Server, SQL Server Agent, dan Distributed Transaction.
2.  SQL Server Profiler
Utilitas ini memungkinkan untuk memonitor, merekam aktivitas kegiatan pada server database sehingga mempunyai kemampuan untuk melakukan analisa
terhadap aktivitas server database.
3. SQL  Query Analyzer
Tool ini adalah fasilitas yang digunakan untuk mengeksekusi pernyataan Transact-SQL secara interaktif, seperti membuat database, edit, insert dan
menghapus data.
4. Data Transformation Service
Digunakan untuk mentransfer data dari format SQL server ke format database lain seperti format database Acces, Excel, Paradox atau sebaliknya.

0 komentar:

Poskan Komentar