Minggu, 14 Agustus 2011

Upah Terendah


Lampung mendapat predikat Upah Terendah se-Sumatera, hal ini terungkap dalam pidato Staf Ahli Bidang Hubungan Kelembagaan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPNAS) pada acara musyawah rencana pembangunan Lampung 2011. Menurut data grafik BAPPNAS rata-rata upah per bulan pekerja di Lampung pada Februari 2010 di bawah 1,2 juta. Dua provinsi di sumatera yang memiliki rata-rata perbulan pekerja berdekatan dengan Lampung adalah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung. Kendati demikian rata-rata per bulan pekerja di dua provinsi tersebut di atas 1,2 juta per bulan. (Tribun Lampung 7 April 2011)

Ada apa dengan Lampung?.

Gubernur Lampung mengatakan rata-rata upah per bulan setiap daerah tidak bisa disamakan, sebab setiap daerah memiliki potensi masing-masing sehingga sektor usaha pun menjadi berbeda. Lampung berbasis pertanian dan perkebunan bukan industri. Lalu bagaimana dengan provinsi Bengkulu dan Jambi?

Apakah ada pengaruh upah dengan pendidikan…?

Jika ada peningkatan investasi di Lampung, maka akan memungkinkan terjadinya peningkatan rata-rata upah per bulan pekerja. “Kalau ada investasi kan bisa memberikan lapangan kerja”. Kalau tidak ada investasi di sektor riil, bagaimana..? paling tidak harus meningkatkan investasi pendidikan. Tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan individu, dimana semakin tinggi tingkat pendidikan, tingkat pendapatan iuga akan meningkat. Bagaimana dengan Lampung..?

0 komentar:

Poskan Komentar