Jumat, 12 Agustus 2011

Pasang Sandaran Jok Honda Scoopy

MotoBike - Bagi pembesut Honda Scoopy yang lagi gandrung dengan pernak-pernik tambahan buat memperkuat kesan retro-nya, bisa lirik nih part yang satu ini. Peranti yang dimaksud adalah sandaran jok buat boncengers.

Meski terbilang aksesori anyar, namun yang dijajakan di pasaran, bentuk dan modelnya mulai beragam (gbr.1). “Ada yang dilengkapi pegangan pada bagian samping kiri dan kanan. Ada pula yang polos. Dimensinya juga ada yang besar dan kecil,” ujar Koh Kim, penggawang TrendTik Motor (TM) di Jl. Otista Raya No.52, Jaktim.
 
Soal harga, cukup terjangkau. Yakni sekitar Rp 200 - Rp 300 ribu tergantung model dan bahan. “Model yang banyak diminati, yang ada pegangan samping kiri kanan. Bahannya pipa besi berlapis krom,” aku Cong Muk Phin, bos bengkel Surya Motor (SM) di daerah Ciledug, Tangerang.

Cara pasangnya pun dijamin tidak terlalu ribet. Bisa diboyong ke bengkel maupun dikerjakan sendiri. “Cukup pakai kunci T-14 saja. Serta hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk bongkar pasangnya,” imbuh bos SM akrab disapa Apin ini.

Yuk, langsung saja kita lihat cara pasangnya pada Honda Scoopy yang diperagakan oleh Amin, mekanik SM. Langkah awal, buka 4 baut pengikat behel orisinalnya pakai kunci T-14 mm (gbr.2) dan dilanjutkan melepas behel cukup diangkat ke atas. “Yang dilepas hanya behelnya saja. Enggak ada part lain yang ikut dibongkar maupun diutak-atik,” yakin Amin.
 
Kemudian diteruskan memasang sandaran tersebut pada dudukan behel, yang kemudian diikat pakai 4 baut yang terlepas tadi (gbr.3). Nah, kalau mau menyimpan jas hujan atau perabot lain, tinggal menarik penjepitnya pakai tangan yang berada dibelakang sandaran (gbr.4).

Jika sudah, sekarang coba deh jajal motor sembari boncengan dengan si doi. “Oh ya biar barang bawaan yang dijepit pada sandaran enggak mudah jatuh, sebaiknya juga dibantu pakai pengikat,” anjur Amin. Oke juga kan Bro?

0 komentar:

Poskan Komentar