Kamis, 12 Januari 2012

penyebab perut cepet laper

Orang Indonesia dikenal kalo belum makan nasi, nggak merasa kenyang. Tapi banyak juga yang setelah makannasi pun masih merasa kurang, alias lapar lagi. Kalau tidak sedang diet sih nggak masalah. Tapi kalau sebaliknya? Bisa merusak program!
Kalo gitu coba lihat beberapa penyebab kenapa kita cepet banget merasa lapar dan lapar. Mungkin bisa diatasi dan lebih dikontrol rasa laparnya setelah tahu sebabnya. Karena itu sebenarnya hanyalah ‘merasa lapar’ bukan ‘lapar’ dalam arti sebenarnya.
TIDAK CUKUP TIDUR
Ketika tubuh kita lelah karena tidak tercukupi tidurnya, maka tubuh akan kekurangan energi, dan leptin -hormon yang mengontrol nafsu makan, meningkat drastis jumlahnya. Menurut Karen Ansel, RD, seorang ahli diet dari Amerika, seperti dikutip dari Womansday, hormon ini kemudian menstimuli pikiran jadi cepat lapar. Padahal tubuh sebenarnya sudah cukup kenyang, namun pikiran seperti tak pernah kenyang. Hasilnya, jika pikiran belum memerintahkan untuk berhenti makan, maka kita akan mencari camilan atau makanan yang membuat kita merasa benar-benar kenyang.
EFEK SAMPING OBAT
Kalo Foodlovers sedang mengkonsumsi obat tertentu akhir-akhir ini dan merasa sering lapar, bisa jadi obat Foodlovers yang menyebabkan rasa lapar itu. Efek sampingnya adalah mudah lapar. Obat tersebut akan memicu rasa lapar lebih cepat datang, misalnya seperti obat-obatan antibiotik, obat flu, obat jerawat dan beberapa obat lainnya. Ahli nutrisi Milton Stokes, RD menyarankan agar mengunyah permen karet atau sikat gigi setelah minum obat agar tidak makan berlebihan karena ‘berpikir masih lapar’.
HAUS ATAU DEHIDRASI
Ini yang sering terjadi. Kadang kita salah mengartikan apa yang dibutuhkan tubuh. Terutama jika kita adalah orang yang tidak terlalu suka minum air putih. Tubuh kita sebenarnya haus, namun kita mengartikannya dengan ‘masih lapar’. Bisa kita lihat, kita akan makan… makan… dan makan lagi.
BARU BEROLAHRAGA
Biasanya setelah berolahraga cukup lama dan menguras tenaga, Foodlovers merasa lapar. Ini wajar , karena tubuh baru saja membakar kalori. Namun, seperti disarankan para pelatih fitness, usahakan tidak langsung makan setelah berlatih, walaupun merasa sangat lapar. Setidaknya, tunda hingga 2 jam setelah latihan sambil tetap perhatikan menu makanan Foodlovers. Foodlovers pasti nggak mau latihan Foodlovers sia-sia karena tidak bisa menahan hasrat makan, bukan?
MAKAN TERBURU-BURU
Makan terlalu terburu-buru bisa membuat cepat lapar. Pencernaan butuh proses cukup lama untuk menyerap semua nutrisi. Akan lebih bijaksana jika Foodlovers mengunyah 30 kali dan menikmati setiap menu makan Foodlovers agar nutrisi dapat terserap oleh tubuh secara maksimal.
LINGKUNGAN
Tidak hanya bagi para pekerja kantoran, tapi juga anak sekolah atau kuliahan, bisa tergoda karena teman di sebelah suka ngemil. Apalagi jika Foodlovers pekerja kantor yang sehari-hari duduk di meja dan menyelesaikan pekerjaan dari belakang meja. Bisa dibayangkan, akan selalu ada toples-toples cemilan atau kue di atas meja, dengan dalih mengusir kebosanan.
STRESS
Hmm, memang tidak semua orang yang sedang stres mudah merasa lapar. Namun sebagian besar orang mengaku saat memasuki masa stres, mereka ingin makan lagi dan lagi untuk melampiaskan kekesalan dan tekanan yang ada di dalam diri mereka.
MENCIUM BAU MAKANAN
Aroma roti yang harum dari toko roti yang Foodlovers lewati di mall menggoda perut Foodlovers? Tentu, karena aroma tersebut sangat mudah memproduksi pikiran merasa lapar. Membuat Foodlovers yang tadi sudah menyantap seporsi besar nasi goreng, membeli roti yang menggoda dan membiarkannya semakin memenuhi perut Foodlovers.
TERLALU BANYAK KONSUMSI BERALKOHOL
Tahukah Foodlovers, alkohol membuat tubuh dehidrasi? Celakanya lagi, dehidrasi kitaterjemahkan sebagai rasa lapar. Hasilnya, Foodlovers akan makan dengan semangat. Selalu ingat, jika memang Foodlovers harus mengkonsumsi banyak alkohol, minumlah air mineral untuk meredakan dehidrasi di dalam tubuh.
INGIN NGEMIL
Masing-masing orang memang punya kebiasaan ngemil, sekalipun dalam kadar dan waktu berbeda. Namun sayangnya banyak orang memilih camilan tidak sehat (terlalu banyak kalori). Akibatnya tak baik untuk tubuh. Sangat disarankan, jika punya kebiasaan ngemil, pilih camilan yang sehat; cukupi dengan buah, ice cream atau yogurt.

0 komentar:

Poskan Komentar