Sebelum melakukan final set up yaitu pada karburator, sebaiknya kita mengenal dulu siapa itu karburator apa bedanya sama generator halah… Carb adalah sebuah komponen pencampur udara v.s bahan-bakar dengan perbandingan kesesuaian tertentu dan mengkabutkannya ke dalam ruang bakar melewati intake manifold dan ruang porting terlebih dahulu. Cara kerjanya mengandalkan tekanan negatif atau kevakuman silinder saat melakukan langkah hisap. Ada dua jenis karburator, constant velocity yang mengandalkan skep dengan yang vakum dengan menkanisme membran, dua karburator ini memiliki keunggulan masing-masing. Yang pasti untuk balap butuh karburator yang dapat memberikan buka tutup secara konstan, bukan yang vacum, karena begitu mengadopsi camshaft racing dengan overlap besar otomatis tekanan negatif piston lebih tinggi karena langkah hisap dimulai jauh-jauh sebelum piston turun untuk langkah hisap. Karburator vakum akan bereaksi lambat terhadap perubahan ini.
Nah setelan karburator yang pas tentu sudah banyak yang tahu, kerja pilot jet adalah untuk mengatur idle hingga seperempat throtle open, pada putaran menengah yang bekerja adalah sedikit pengaruh pilot jet dan pengaruh clip position dan jarum skep v.s nozzle, pada 3/4 putaran gas yang bekerja hanya skep karburator dan perangkatnya, sedangkan full throtle murni tugas main jet.
Tujuan set up karburator sebenernya simple, mencari campuran molekul udara terhadap bahan bakar yang ideal guna membentuk senyawa yang mudah untuk dipantik busi dan memiliki potensi yang kuat untuk diledakkan. Perbandingan tertentu akan menghasilkan tenaga dan performa yang berbeda.
AFR 14 : 1 = adalah perbandingan ideal untuk pencampuran motor standard agar dapat bekerja normal.
AFR 13 : 1 = adalah perbandingan untuk performa, dengan sedikit basah namun keluran tenaga dapat optimal meski sisi ekonomis bahan bakar dikorbankan
AFR 15 : 1 = perbandingan kurus yang akan menghasilkan pemakaian bahan-bakar lebih ekonomis namun dengan resiko panas mesin berlebih cenderung menuju overheating
Oleh karena itu untuk sedikit membantu, berikut adalah tabel jetting karburator motor-motor yang ada di Indonesia, ukuran spuyer yang ingin dicari, tukar-menukar pilot jet-main jet untuk mencari setelan yang pas, oke deh tanpa banyak kata… selamat menikmati riset karburator kawan!
D.SWEGA -RAT MOTORSPORT-
Rumah Untuk Semua Rider
085645577007
Visit us @ Desa Tropodo Indah Blok N no. 26-28, Waru , sidoarjo
Lencana Facebook
About Me
- rangga Pramodiyo w
- saya rangga... saya orangnya suka banget dengan yang namanya burgo....
Followers
Entri Populer
-
MotoBike - Berencana dongkrak kapasitas mesin Yamaha Vega ZR kesayangan biar makin ngacir dengan dana terjangkau? Enggak ada salahnya...
-
MotoBike - Untuk mendongkrak tampilan motor batangan alias sport, tak hanya dilakukan dengan mengubah bentuk aslinya. Tapi, bisa meng...
-
Assalamuallaikum warrahmatullah, Bersyukur kita masih bisa bergembira berbagi ceria dalam memodifikasi mesin motor, kali ini Bore Up menja...
-
Kumpulan Software Gratis | Autodesk AutoCAD 2012 Full With Keygen | Autodesk autocad 2012 full version with keygen be one of the software ...
-
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk men...
-
WELCOME TO STREET , selamat atas lahirnya yamaha byson ke – jalan raya… byson yamaha concept Yamaha Motor Indonesia boleh bergembira atas p...
-
hay sobat. telah hadir band baru yang bernama YUKIGUNI. Dengan judul Lagu sang presiden.. Download ( sang presiden) Download ( Lelah ) ...
-
MotoBike - Buat pemilik Ninja 250R yang sudah adopsi setang aftermarket tipe adjustable dan lebih tinggi kayak merek Nui (gbr.1) atau...
-
Alhamdulillah, Konsep Utama Modifikasi - Hukumnya wajib Sungguh nikmat merasakan berkah di bulan Ramadhan — begitu banyak kesempatan rise...
-
Yogyakarta-KR. Sehubungan dengan santernya berita tentang virus flu babi dari Meksiko, kini telah muncul virus komputer dengan nama serupa. ...
Jumat, 12 Agustus 2011
ilmu Otomotif Qu
SETING KARBURATOR BALAP
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar